25 Juli 2009

"....... is offline"

kawan,
ijinkan aku bercerita.
tentang kejadian bodoh yang ku alami,
bodoh memang,
tapi sangat suka ku ulangi.


huf,
mungkin tampaknya mudah.
tetapi nyatanya sulit.
sangat sulit.


mungkin terlihat mudah.
hanya dengan satu tekanan kecil jari telunjuk pada mouse bagian kanan,
dimana kursor telah terarah menyorot nama-nya.
satu tekanan berbunyi, "Klik"

dan,
nama-nya muncul dengan setitik bulat berwarna hijau di samping-nya,
dalam kolom di sudut kanan bawah.
di sebelah kolom online friends.
dan sebuah kursor kelap-kelip menanti tuk bergerak.


aku diam.
memikirkan kata untuk ku ketik.
diam gelisah,
bagaimana harus memulai.


aku menatap nama-nya,
ku baca status-nya.
ku selami kata-kata-nya.
ku pahami makna-nya.
dan kupikirkan,
mengapa, apa, dan kenapa hingga ia menuliskan status-nya seperti itu.


"apa hari-nya sedang buruk?"
"kenapa dia sedih?"
dan berbagai asumsi-asumsi tentang-nya.


mungkin bagi mu aku terlalu lama, kawan.
tapi sungguh,
ketika aku menemukan kata-kata itu,
ketika dengan bersemangat ingin ku gerakkan jari tuk menari diatas keyboard.
tiba-tiba itu terjadi,
hal yang sangat ku benci.


kolom nama-nya berubah menjadi abu-abu.
setitik bulat warna merah menemani nama-nya.
aku terpaku, tak percaya.
terlihat tulisan "........ is offline"


aku diam,
mengutuki diriku sendiri.


namun setelah berapa lama,
dia muncul kembali,
dalam kolom online friends.
dengan kata "IDLE" di depan status-nya.
dan bulan sabit kali ini menemani nama-nya.
saat ku sorot nama-nya.


ingin ku kembali meng-"klik" nama-nya.
namun kejadian di atas kembali terulang.
dan aku hanya tersenyum.
saat,
"........ is offline"
muncul kembali.

1 komentar: